CERITA RAKYAT SAMBAS: Legenda 'Mak Miskin' Dan Asal Usul Batu Betarup
misterpangalayo.com - Para pendahulu setiap masyarakat di manapun selalu menanamkan nilai-nilai dan konsepsi-konsepsi yang kemudian diyakini sebagai blue-print yang menjadi penuntun dalam perjalanan hidupnya. Nilai dan konsepsi itu menjadi pedoman dalam tingkah laku. Tingkah laku setiap individu dan kelompok dan ekspresi-ekspresi simbolik mereka telah banyak diteliti oleh para ahli ilmu-ilmu sosial untuk melihat lebih jauh proses dan tujuan pewarisan nilai dan konsepsi tersebut dilakukan. Clifford Geertz mengatakan bahwa sistem pewarisan konsepsi dalam bentuk simbolik merupakan cara bagaimana manusia dapat berkomunikasi, melestarikan, dan mengembangkan pengetahuan dan sikapnya terhadap kehidupan (Geertz, 1973: 89).
Para pendahulu masyarakat Sambas telah mengajarkan nilai moral kepada generasinya dalam cerita rakyat yang pada masanya merupakan sebagai sarana pendidikan budi pekerti. Kita sebagai generasi muda yang peduli akan kekayaan budaya leluhur Sambas harus selalu menjaga keeksistensiannya dan melestarikannya agar tidak punah, satu diantaranya adalah sastra daerah Sambas yang berbentuk lisan maupun tulisan. Menurut saya, sastra daerah merupakan cagar budaya dan ilmu pengetahuan.
Cerita rakyat merupakan salah satu sastra daerah yang perlu dilestarikan keberadaannya, yang dituturkan secara lisan oleh para pendahulu kita. Cerita rakyat yang pada mulanya dilisankan selain berfungsi untuk menghibur, juga dapat memberikan pendidikan moral.
Kali ini saya akan review cerita rakyat yang berasal dari Negeri Sambas, yaitu 'Legenda Mak Miskin Dan Asal Usul Batu Betarup'. Legenda Mak Miskin Dan Asal Usul Batu Betarup adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi yang ceritanya dihubungkan dengan Mak Miskin, telah dibumbui dengan keajaiban, kesaktian, dan keistimewaan tokohnya. Batu Betarup adalah sebuah batu yang membukit seperti Tarup dan hingga saat ini masih bisa dijumpai di Desa Tempapan Hulu, Kecamatan Galing , Kabupaten Sambas (Kalimantan Barat).
Inilah cerita singkatnya :
Cerita tersebut berkembang secara lisan (dari mulut ke mulut) dan tidak jelas siapa pengarangnya. Untuk di lapangan, mungkin kita akan menjumpai cerita yang sama dengan versinya masing-masing.
Ada sebuah cerita rakyat dari Suku Dayak Mayau yaitu Legenda Bukit Sebomban, alasan saya menceritakan kembali Legenda Bukit Sebomban karena nilai moral dan ceritanya mirip dengan cerita rakyat dari Sambas yaitu Legenda 'Mak Miskin' Dan Asal Usul Batu Betarup.
Suku Dayak Mayau adalah sub suku Dayak yang tersebar di Kabupaten Sanggau. Menurut Lukas Kibas dalam bukunya "Bidoih Mayau" bahwa suku dayak Mayau berasal dari wilayah sambas (Sungkung) yang terdesak oleh orang-orang pantai (suku Melayu)sehingga mereka mencari wilayah yang baru ke daerah pedalaman. Akhirnya mereka sampai juga pada suatu tempat yang cocok dan subur untuk bertani maka mereka mendirikan pemukiman awal persisnya sekarang terletak gunung sebomban atau mungkin pula kampung ini bernama sebomban pemukimannya dekat dengan sungai Mayau yang kelak akhirnya kampung ini terkubur dan menjadi sebuah bukit akibat tulah dan menjadi legenda bagi masyarakat suku dayak Mayau.
Ini cerita singkatnya yang saya kutip dari wikipedia:
Pada suatu masa hiduplah seorang nenek dengan cucunya mereka tinggal di dalam hutan jauh dari perkampungan di sebuah gubuk reot. Mereka hidup dikucilkan oleh orang kampung karena orang kampung tidak suka melihat mereka berdua. Sang nenek dan si cucu hidup dari hasil hutan (food gathering) dengan peranti dan perkakas apa adanya. Cerita ini bermula ketika orang kampung mengadakan pesta gawai panen padi selama tujuh hari tujuh malam karena panen yang mereka dapat tahun ini melimpah ruah.
Mereka mengundang kampung tetangga dari keempat penjuru untuk pergi ke pesta gawai yang diadakan oleh orang kampung, tapi satu kesalahan yang orang kampung buat yaitu tidak turut mengundang sang nenek dan sang cucu (karena adat istiadat pada zaman itu apabila mengadakan gawai semua orang harus diundang ke dalam pesta tersebut kalau tidak akan mendapat petaka).
Pada suatu hari pergilah sang cucu tersebut ke kampung karena mendengar kabar bahwa orang kampung mengadakan pesta gawai dari orang-orang kampung tetangga berangkat ke pesta gawai. Si cucu maklumlah masih kecil maka dia pun berangkat menghadiri pesta tersebut tetapi sesampai di sana bukannya kemeriahan yang dia dapat tetapi si cucu mendapat perlakuan yang kasar dari orang kampung, dicemooh dan diusir.
Dengan perasaan sedih dia pulang menemui neneknya dan menceritakan perlakuan orang kampung kepada neneknya. Sang nenek terenyuh hatinya mendengar cerita cucunya karena kasihan kepada cucunya lalu sang nenek menyuruh sang cucu kembali lagi ke kampung siapa tahu ada orang kampung yang masih menaruh perhatian kepada mereka.
Akhirnya sang cucu pun menuruti keinginan neneknya untuk kembali ke kampung tapi apa yang terjadi perlakuan orang kampung sama seperti yang sudah-sudah malahan lebih kasar lagi layaknya seperti binatang dengan memberi si cucu tersebut dengan daging yang terbuat karet (latek) yang rasanya hambar dan alot.
Si cucu membawa daging tersebut pulang kepada neneknya, sesampai di gubuk si cucu menyerahkan daging pemerian orang kampung tersebut kepada neneknya dan nenek itu memakan daging pemerian si cucu tetapi daging tersebut alot untuk dimakan dan setelah tahu bahwa daging pemerian dari orang kampung tersebut palsu maka murkalah sang nenek dan berkata "Celakalah orang kampung karena telah memperlakukan kita seperti binatang" geramnya.
Lalu sang nenek menyuruh si cucu untuk pergi kepada orang kampung dengan membawa anak kucing yang didandani layaknya seperti manusia dengan sarung parang dipinggangnya dan menyuruh melepaskan anak kucing tersebut di tengah orang ramai. Si cucu pun mengikuti perintah sang nenek dan melaksanakan apa yang diperintahkan sang nenek si cucu melepaskan anak kucing tersebut ke tengah orang ramai dan ketika orang ramai tersebut melihat anak kucing tersebut sontak orang ramai tersebut meneriaki, mengolok, menertawakan, dan mencemooh anak kucing tersebut.
Tak lama kemudian tiba-tiba langit berubah mendung dan gelap petir menyambar dimana-mana hujan batu pun turun seketika itu juga perkampungan tersebut berubah menjadi sebuah bukit yang diberi nama bukit sebomban dan sampai sekarang oarang Mayau masih memegang kepercayaan bahwa pamali menertawakan binatang terutama kucing.
Mereka mengundang kampung tetangga dari keempat penjuru untuk pergi ke pesta gawai yang diadakan oleh orang kampung, tapi satu kesalahan yang orang kampung buat yaitu tidak turut mengundang sang nenek dan sang cucu (karena adat istiadat pada zaman itu apabila mengadakan gawai semua orang harus diundang ke dalam pesta tersebut kalau tidak akan mendapat petaka).
Pada suatu hari pergilah sang cucu tersebut ke kampung karena mendengar kabar bahwa orang kampung mengadakan pesta gawai dari orang-orang kampung tetangga berangkat ke pesta gawai. Si cucu maklumlah masih kecil maka dia pun berangkat menghadiri pesta tersebut tetapi sesampai di sana bukannya kemeriahan yang dia dapat tetapi si cucu mendapat perlakuan yang kasar dari orang kampung, dicemooh dan diusir.
Dengan perasaan sedih dia pulang menemui neneknya dan menceritakan perlakuan orang kampung kepada neneknya. Sang nenek terenyuh hatinya mendengar cerita cucunya karena kasihan kepada cucunya lalu sang nenek menyuruh sang cucu kembali lagi ke kampung siapa tahu ada orang kampung yang masih menaruh perhatian kepada mereka.
Akhirnya sang cucu pun menuruti keinginan neneknya untuk kembali ke kampung tapi apa yang terjadi perlakuan orang kampung sama seperti yang sudah-sudah malahan lebih kasar lagi layaknya seperti binatang dengan memberi si cucu tersebut dengan daging yang terbuat karet (latek) yang rasanya hambar dan alot.
Si cucu membawa daging tersebut pulang kepada neneknya, sesampai di gubuk si cucu menyerahkan daging pemerian orang kampung tersebut kepada neneknya dan nenek itu memakan daging pemerian si cucu tetapi daging tersebut alot untuk dimakan dan setelah tahu bahwa daging pemerian dari orang kampung tersebut palsu maka murkalah sang nenek dan berkata "Celakalah orang kampung karena telah memperlakukan kita seperti binatang" geramnya.
Lalu sang nenek menyuruh si cucu untuk pergi kepada orang kampung dengan membawa anak kucing yang didandani layaknya seperti manusia dengan sarung parang dipinggangnya dan menyuruh melepaskan anak kucing tersebut di tengah orang ramai. Si cucu pun mengikuti perintah sang nenek dan melaksanakan apa yang diperintahkan sang nenek si cucu melepaskan anak kucing tersebut ke tengah orang ramai dan ketika orang ramai tersebut melihat anak kucing tersebut sontak orang ramai tersebut meneriaki, mengolok, menertawakan, dan mencemooh anak kucing tersebut.
Tak lama kemudian tiba-tiba langit berubah mendung dan gelap petir menyambar dimana-mana hujan batu pun turun seketika itu juga perkampungan tersebut berubah menjadi sebuah bukit yang diberi nama bukit sebomban dan sampai sekarang oarang Mayau masih memegang kepercayaan bahwa pamali menertawakan binatang terutama kucing.
Dari kedua cerita di atas, mempunyai kemiripan dan nilai moral yang terkandung dari kedua cerita rakyat tersebut sama persis. Sebagai generasi muda, mari kita lestarikan cerita rakyat yang ada sekarang. Jangan sampai punah keberadaannya, karena ini merupakan warisan para pendahulu kita.
Demikian cerita rakyat dari daerah Sambas yaitu Legenda Mak Miskin Dan Asal Usul Batu Betarup dan cerita dari Suku Dayak Mayau yaitu Legenda Batu Sebomban. Semoga artikel saya bisa bermanfaat dikemudian hari. Silahkan di share dan JANGAN LUPA SUMBER ARTIKELNYA harus disebutkan.
Demikian cerita rakyat dari daerah Sambas yaitu Legenda Mak Miskin Dan Asal Usul Batu Betarup dan cerita dari Suku Dayak Mayau yaitu Legenda Batu Sebomban. Semoga artikel saya bisa bermanfaat dikemudian hari. Silahkan di share dan JANGAN LUPA SUMBER ARTIKELNYA harus disebutkan.
saya izin pakai fotonya ya radit.. aku kasih link blog kamu sebagai sumber gambarnya di bawah posting. untuk penyebaran informasi budaya bumi khatulistiwa. terima kasih sebelumnya. salam sahabat blogger kalbar. semoga berkah dunia akhirat, amin Allahumma amin
BalasHapusIyah mbah dg senang hati,,
Hapus